DIRGAHAYU PROKLAMASI REPUBLIK INDONESIA KE 69 (1945-2014): HARI ESOK LEBIH BAIK DARI HARI INI DAN KEMARIN ALLAHU AKBAR!!! Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA: Seminar Nasional dan Call for Papers

Translate/Terjemah/ترجمة

Rabu, 15 Mei 2013

Seminar Nasional dan Call for Papers


MEMBANGUN PERADABAN UTAMA 
BERSAMA AL-QURAN
Auditorium Moh Djazman UMS, 5 Juni 2013

Kerjasama
Program Studi Ushuluddin dan IMM Komisariat “Muh Abduh”
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta

Muqaddimah
Al-Quran merupakan kalamullah yang diturunkan kepada Rasul terakhir dan penutup para Nabi adalah kitab Allah yang sempurna dan menjadi penyempurna bagi kitab dan wahyu yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul terdahulu, seperti Taurat, Zabur, dan Injil, serta beberapa suhuf yang diterima oleh Ibhrahim dan Musa As.
Kalau suhuf dan kitab-kitab terdahulu diperuntukkan bagi suatu bangsa dan kurun waktu tertentu, maka Al-Quran sebagaimana kerasulan Muhammad SAW ditujukan kepada seluruh umat manusia di segala ruang dan waktu. Universalitas al-Quran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW baik dari segi ruang dan waktu ditegaskan oleh Al-Quran dalam Surat Saba: 28 dan Al-Baqarah: 185 berikut ini:
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ (سبأ:28)
  28. dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (Saba’: 28)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ (البقرة: ١٨٥)
185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu r.


Sebagai petunjuk hidup dan kehidupan manusia, Al-Quran akan menjadi inspirator bagi manusia untuk membangun peradaban utama, peradaban yang memuliakan manusia sebagai ibadullah dan khalifatullah. Artinya untuk dapat membangun peradaban yang utama sesuai dengan cetak biru penciptaan dan tugas serta fungsi manusia sebagaimana dikehendaki Allah umat manusia harus menjadikan al-Quran sebagai panduan dan pedoman dalam membangun peradaban dan kebudayaan, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia.
Dinamika pengkajian dan pendalaman al-Quran baik secara tekstual maupun kontekstual perlu memperoleh perhatian dari lembaga akademik seperti Universitas Muhammadiyah Surakarta baik dalam kapasitasnya sebagai institusi pendidikan tinggi maupun amal usaha dari sebuah organisasi dakwah Muhammadiyah yang memiliki jarqon untuk selalu al-ruju ila al-Quran wa al-Sunnah.
Tema Seminar Nasional dan Narasumber:
Seminar Nasional ini mengangkat tema “Membangun Peradaban Utama Bersama Al-Quran” dengan pokok-pokok Kajian:
1.       Studi Al-Quran dan Tafsir: Prospeknya dalam Keilmuan dan Keumatan (Dr.H.M. Muinudinillah Basri, M.A., FAI UMS Surakarta)
2.       Universalitas Al-Quran dan Tafsirnya dalam Konteks Budaya Lokal: Studi Kasus Pengkajian Tafsir Al-Quran di Kraton Surakarta (Dr. Arif Junaidi, Sekretatis Kopertais Wil. X Jawa Tengah)
3.       Pelembagaan Al-Quran dalam Gerakan Dakwah dan Sosial Kemasyarakatan: Pengalaman Persyarikatan Muhammadiyah (Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Ketua PP Muhammadiyah, Guru Besar Ilmu Al-Quran UMY Yogyakarta)

Tujuan Seminar:
1.       Mendiskusikan Al-Quran sebagai inspirator peradaban utama baik dalam ranah keilmuan maupun keumatan.
2.       Membangun jaringan antara FAI UMS dengan lembaga pendidikan keagamaan Islam (sekolah, madrasah dan pesantren) dalam upaya mengembangkan Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir
3.       Memperkokoh visi dan misi dakwah berbasis ilmu al-Quran dan Tafsir bagi gerakan Muhammadiyah dan jajarannya, khususnya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, serta ormas dakwah pada umumnya.

Peserta Seminar
1.       Jaringan Madrasah dan Pesantren/Ma’had Al-Quran dan Tahfidz
2.       Pimpinan Persyarikatan PDM/PDA Koodinator Se Jateng
3.       Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se Jateng dan DIY.
4.       Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Jateng DIY dan Jatim
5.       Pimpinan IMM Komisariat se Cabang Solo Raya, PC IMM se Jateng, DPD IMM se Jawa, Bali, Lampung dan DPP IMM.
6.       Peminat Umum, dan Mahasiswa UMS.

Peserta Khusus Call for Paper
Panitia mengundang kepada para pakar, dosen, mahasiswa dan santri untuk menulis makalah dengan ketentuan :
1.       Peserta mengirimkan Fullpaper 7-10 halaman, untuk diseleksi panitia sebagai makalah presentasi pada Diskusi Call for Paper.
2.       Fullpaper terdiri atas: Abstrak, Kata kunci,  Latarbelakang, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan,  Kepustakaan.
3.       Apabila paper ditulis oleh Tim, semua anggota wajib dicantumkan, dan nana peserta yang mempresentasikan harus digarisbawahi.
4.       Pengiriman Naskah fullpaper melalui email: semnas.iqtums@gmail.com, paling lambat 30 Mei 2013, hasil seleksi diumumkan tanggal 1 Juni 2013 di www.ushuluddin-ums.org.

Kontribusi dan Fasilitas:
1.       Dosen, Umum Rp. 50.000 (seminar kit, snack, lunch, sertifikat)
2.       Pelajar Mahasiswa Rp 20.000 (seminar kit, snack, lunch, sertifikat)
3.       Peserta Call for Paper terpilih Rp. 250.000 (seminar kit, snack, lunch, sertifikat, buku prosiding seminar)
4.       Pemesanan buku prosiding seminar Rp 100.000,-
5.       Pembayaran kontribusi pada saat Registrasi 

Manual Acara
No
Waktu
Agenda/Kegiatan
PenanggungJawab
1
07.00-08.30
Registrasi Peserta
Panitia
2
08.30-09.15.
Pembukaan Seminar
1.       Pembukaan
2.       Pembacaan al-Quran
3.       Indonesia Raya dan Mars IMM
4.       Sambutan Panitia
5.       Sambutan Dekan
6.       Penutup
MC
3
09.15-09.30
Coffee Break
Panitia
4
09.30-12.00
Seminar dengan Narasumber:
1.       Dr. Muinudinillah Basri.
2.       Dr. Arif Junaidi
3.       Prof. Dr. Yunahar Ilyas
Moderator
5
12.00-13.00
Ishoma
Panitia
6.
13.00-15.00
Diskusi Terbatas “Call for Paper”
Panitia
7.
15.00-15.30
Penutupan

Tidak ada komentar: