DIRGAHAYU PROKLAMASI REPUBLIK INDONESIA KE 69 (1945-2014): HARI ESOK LEBIH BAIK DARI HARI INI DAN KEMARIN ALLAHU AKBAR!!! Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA: 02/06/11

Translate/Terjemah/ترجمة

Minggu, 06 Februari 2011

Wacana Perbandingan Agama

Pluralisme: Kerancuan Istilah dan Pemahaman
Written by Anis Malik Thaha

Perdebatan dan kontroversi tentang masalah Pluralisme kembali menghangat di Indonesia. Meskipun masalah ini sudah banyak ditulis dan didiskusikan, pro-kontra itu terus saja berlangsung. Dalam mencermati hiruk-pikuk wacana “Pluralisme” pada umumnya, dan “Pluralisme Agama” khususnya, yang tengah marak di negeri kita pada dasawarsa pertama abad ke-21 ini; pun juga dalam berbagai kesempatan mengisi berbagai workshop, seminar dan konferensi, khusus mengenai isu dan wacana tersebut, saya merasa gamang, ada sesuatu yang sangat mengusik nalar kesadaran.
Bagaimana tidak? Wacana ini sudah sedemikian melebar dan meluas, serta merambah ke berbagai ranah, dan disahami oleh berbagai kalangan – mulai dari politisi, budayawan, agamawan sampai akademik, tapi topik utama yang diwacanakan ini nyaris tidak pernah benar-benar diupayakan pendefinisiannya secara teknis atau sesuai dengan yang dimaksudkan oleh para ahlinya. Padahal inilah langkah metodologis awal yang mesti dilakukan oleh siapa pun yang interest dan berkepentingan dengan isu ini. Lebih dari itu, sebetulnya masalah ini adalah masalah tuntutan logis belaka yang niscaya, yang jika diabaikan maka secara tak terhindarkan akan menciptakan tidak saja kerancuan atau kebingungan (confusion), tapi juga pada akhirnya mengaburkan dan bahkan menyesatkan (misleading).

Dari www.i-epistemology.net

Secularization of Science and Its Islamic Answer

Mulyadhi Kartanegara

In order to understand the significance of The Islamization of Science and its relevance to the contemporary world, it would be better for us to look at it from a wider context. It is for this reason, I would like to present, in this conference, three interconnected concepts: naturalization, secularization and Islamization of science. By naturalization of science, I mean a process of adaptation, or acculturation of science coming from outside to certain culture in a new country or area so that it will suit the cultural or religious values. Here I will present a number of cases in which this naturalization of science took place in the history—Mesopotamian, Egyptian, Greek and Islamic worlds. The purpose of this section is to demonstrate that science has never been value free or neutral, but it always culturally and ideologically laden.
The second section is on the Secularization of science, which means “the process of putting aside all spiritual dimensions from science. In this section I will address the secularization of science as took place in the western world, especially from the post-Renaissance era to the present day. The purpose of this section is to show that the secularization of science did happen in the contemporary world --both in theory and methodology--and became an imminent threat to the Islamic system of epistemology. The third section is on the Islamization of science. By this I mean the process of assimilation of western science—including its adaptation and acculturation—into Islamic worldviews and civilization. The purpose of this section is to reconstruct a science suitable fully to the Islamic values and principle.