DIRGAHAYU PROKLAMASI REPUBLIK INDONESIA KE 69 (1945-2014): HARI ESOK LEBIH BAIK DARI HARI INI DAN KEMARIN ALLAHU AKBAR!!! Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA: Info Kampus

Translate/Terjemah/ترجمة

Minggu, 31 Maret 2013

Info Kampus

"SUDARNO SHOBRON PIMPIN PRODI S2 ILMU AGAMA ISLAM (MSI)"


Dr . Sudarno Shobron
Salah seorang dosen Program Studi Ushuluddin, Dr. Sudarno Shobron dipercaya untuk memimpin Program Studi Magister Ilmu-ilmu Agama Islam (MSI), yang terdiri tiga Program Studi Pendidikan Islam (M.Pd.I), Pemikiran Islam (MPI) dan Hukum Islam (MHI/Ushul Fiqh). Sudarno Shobron menggantikan Dr. KH. Muhammad Muinudinillah Basri, Lc., M.A. yang telah habis masa jabatan selama dua periode sejak tahun 2004-2012. Selanjutnya Dr. Muin dipercaya untuk menangani International Office Wilayah Afrika dan Timur Tengah.
Tantangan pengelolaan Magister Ilmu-ilmu Agama Islam cukup berat, karena persaingan yang semakin ketat dari Perguruan Tinggi lain terdekat seperti UIN Yogyakarta, IAIN Surakarta, UNU Surakarta dan sebagainya. Untuk itu, trade mark keilmuan-keislaman yang dimiliki oleh MIAI dengan Islamic Worldview harus dapat dipertahankan bahkan diperkuat.

Keunikan lain dari Program Studi MSI UMS ini adalah adanya kelas internasional berbahasa Arab, yang telah diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara seperti Thailand, Yaman, Bahraen, Aljazair, Sudan dan sebagainya,
Seorang Dosen Politeknik Diponegoro Semarang menyatakan bahwa dirinya memilih MIAI UMS karena Program Studi Magister Ilmu Agama Islam memiliki karakter dan paradigma keilmuan yang unik dibanding PTAI baik negeri maupun suasta lainnya. Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh dosen STAIN Palangkaraya, Abdul Helim dan Azhari, Menurut A. Helim dan Azhari, model studi di MSI UMS sangat berkualitas, sehingga mahasiswa dituntut untuk berpikir serius, metodologis dan sistematis, tetapi tidak masuk dalam jebakan pemikiran liberal sebagai banyak mewarnai model keilmuan PTAI pada umumnya. Pak Darno selamat berkarya.

Tidak ada komentar: