DIRGAHAYU PROKLAMASI REPUBLIK INDONESIA KE 69 (1945-2014): HARI ESOK LEBIH BAIK DARI HARI INI DAN KEMARIN ALLAHU AKBAR!!! Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA: Penting !!!!!!!!!! !!!!!

Translate/Terjemah/ترجمة

Senin, 27 Februari 2012

Penting !!!!!!!!!! !!!!!

PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2012/2013 PROGRAM REGULAR, BEASISWA DAN TRANSFER 

Muqaddimah
Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) adalah salah satu program studi yang dimiliki oleg Fakultas Agama Islam Universitas Muhamadiyah Surakarta yang berdiri pada tahun 1966 sebagai IAIM Surakarta. PAda tahun 1981 IAIM bergabung dengan IKIP Muhammadiyah menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prodi ini bermaksud mencetak kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa yang berkualifikasi ulama, cendekiawan, dai/mubaligh atau praktisi professional dalam ilmu-ilmu agama dan penyuluhan agama. Memiliki wawasan ilmu agama-agama yang luas sehingga mampu menjadi pelopor perdamaian dan kerukunan hidup umat beragama sekaligus memurnikan pengamalan agama Islam dan menjadi benteng pemurtadan dan pendangkalan aqidah umat.
Lulusan program studi ini berpeluang menjadi Ahli ilmu-ilmu Agama Islam dan perbandingan Agama, Peneliti dan Pemikir, Ulama dan Muballigh/Dai yang siap membina kerukunan antar umat beragama sekaligus membentengi umat Islam dari gerakan pemurtadan dan pendangkalan akidah. Juga berpeluang untuk menjadi penyuluh agama, Ulama dan Rohaniawan Islam, Bintal TNI Polri, Wartawan, Guru dan sebagainya
Visi
Unggul dalam pengembangan studi pemikiran Islam dan ilmu agama-agama yang transformtif pada 2020
Misi
1. Mengembangkan potensi mahasiswa menjadi pakar dan/atau praktisi keIslaman dan ilmu agama-agama yang profesional.
2. Mengembangkan teori, konsep, dan model studi pemikiran Islam dan ilmu agama-agama.
3. Memberdayakan masyarakat untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama melalui pelatihan, bimbingan, konsultasi, penyuluhan, dan pendampingan/advokasi
Tujuan
1. Menjadi Program Studi yang unggul dalam pemikiran Islam dan ilmu agama-agama yang transformatif.
2. Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang kompeten, kompetitif dan berakhlak karimah dalam pemikiran Islam dan ilmu agama-agama.
3. Menjadi Program Studi yang berkelanjutan dengan tata pamong yang baik.
Kurikulum
Kurikulum Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) FAI UMS disusun sedemikan rupa dalam menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang ilmu perbandingan agama, pemikiran Islam, ilmu dan strategi dakwah Islam serta penelitian dan penyuluhan agama. Oleh karena itu disusunlah kurikulum yang memadukan keislaman, keindonesiaan, kemuhammadiyahan dan kesurakartaan, dengan memandang Islam sebagai paradigma dan landasan ilmu dan amal.

Tenaga Edukatif
Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) FAI UMS didukung oleh tenaga edukatif berkualitas ulama dan cendekiawan dengan pendidikan Doktor (S3) dan Magister (S2) baik dalam maupun luar negeri, yang semuanya telah memperoleh Sertifikat Pendidik sebagai Dosen Profesional.
Lokasi dan Fasilitas
Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) FAI UMS terletak di lokasi yang strategis, memiliki gedung yang representative dengan ruang kuliah ber-AC, pusat kegiatan kemahasiswaan, layanan kesehatan dan free-hotspot.
Prodi Perbandingan Agama (Ushuluddin) Juga dilengkapi dengan Laboratorium Komputer yang memiliki program-program pendalaman ilmu-ilmu agama Islam dan Perbandingan Agama, seperti Maktabah Syamilah, Mawsu’at al-Tafasir, Maktabah Thalibil ‘Ilm, Mawsu’ah Al-Hadits al-Syarif, Ensiklopedi Hadi 9 Imam dan sebagainya. Perpustakaan yang lengkap, baik berupa buku-buku, jurnal tercetak maupun digital library (pustaka digital), seperti e-journal, e-book, yang dapat diakses dengan mudah.
Prodi ini juga dilengkapi dengan berbagai aktifitas sebagai “fasilitas lunak”, seperti mubaligh hijrah bekerjasama dengan Pimpinan Muhammadiyah, Observasi berbagai kegiatan keagamaan dalam berbagai agama untuk menambah wawasan sebagai mahasiswa Perbandingan Agama yang Islami, sehingga mampu menjadi pelopor kerukunan antar umat beragama sekaligus pelopor pemurnian agama dari gerakan pemurtadan dan pendangkalan akidah
Pendaftaran
Tempat Pendaftaran
Gedung Admisi ODS Kampus 1
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Pabelan Tromol Pos 1 Surakarta 57102 Telp/Fax. 0271-739992
Daftar via internet di http://pmb.ums.ac.id
Waktu pendaftaran:
Mulai 13 Pebruari sd 15 Agustus 2012
Sistem Pendaftaran dan Tes:
Daftar, tes dan registrasi dapat diselesaikan dalam satu hari (One Day Service), dengan menggunakan komputer (Computer based Test) terdiri atas 50 soal dalam waktu 60 menit.
Daftar, tes dan regustrasi dilayani:
Pagi : 08.00 - 12.00 WIB
Siang : 13.00 – 15.00 WIB.
Syarat Pendaftaran:
1. Menyerahkan fotokopi ijazah (SursatTanda Kelulusan, STTB) yang telah dilegalisir dan NEM/UNAS sebanyak 1 lembar. (Bagi yang belum memiliki STTB/NEM/UNAS dapat disusulkan paling lambat akhir semester I)
2. Menyerahkan pas foto ukuran 3x4 dan ukuran 4x6 masing-masing 4 lembar.
3. Membayar Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah).
Beaya Pendidikan Angkatan 2012/2013
Beaya pendidikan yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa peserta program studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) FAI UMS terdiri atas:
No
Jenis Beaya
Besaran
Ushuluddin Regular
1.
Dana Pengembangan
800.000,00
2.
SPP per-sks
78.000,00
Twinning Psikologi-Ushuluddin
1.
Dana Pengembangan
7.500.000,00
2
SPP per-sks
150,000.00
Di samping itu ada biaya ujian skripsi (tugas akhir) dan biaya wisuda serta biaya cuti kuliah.
PROGRAM BEASISWA KADER MUHAMMADIYAH
Universitas Muhammadiyah Surakarta menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswa baru yang berlatar belakang sebagai kader Muhammadiyah ditandai dengan aktivitasnya sebagai pengerak organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah dengan membawa rekomendasi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah setempat. Setelah lulus tes pada tahap One Day Service, calon mahasiswa wajib mengikuti seleksi wawancara. Alokasi beasiswa untuk 5–10 orang, tergantung dengan jumlah mahasiswa pendaftar yang memenuhi syarat.
PROGRAM BEASISWA KADER ULAMA TARJIH DAN TABLIGH MUHAMMADIYAH (PROGRAM PONDOK SHABRAN)
Program ini merupakan amanah Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diemban oleh UMS untuk menyiapkan kader Ulama Tarjih dan Tabligh Muhammadiyah tingkat Nasional.
Mahasiswa peserta program pendidikan ini mendapat beasiswa penuh dalam mengikuti pendidikan di Pondok Shabran dan Prodi Perbandingan Agama (Ushuluddin). Di samping itu disediakan asrama dengan gedung yang representative.
Prosedur dan mekanisme pendaftaran program Pondok Shabran ini diatur secara khusus dalam liflet tersendiri (lihat http://pondokshabran.ums.ac.id atau hubungi telp. 0271-725047, CP. Furqan Mawardi, 081225934159)
Lulusan program ini akan mendapatkan penghargaan berupa pengabdian sebagai tenaga dai khusus Muhammadiyah yang akan ditempatkan berdasarkan kebijakan Divisi Dakwah Khusus Majelis Tabligh PP Muhammadiyah selama 6 bulan hingga 1 tahun, dengan mukafaah dari Divisi Dakwah Khusus PP Muhammadiyah.
Untuk peserta program regular dan beasiswa kader dapat diikutsertakan dalam penugasan sebagai dai khusus setelah diseleksi oleh Divisi Dakwah Khusus Majelis Tabligh PP Muhammadiyah.
FASILITAS BEASISWA LAINNYA
Di samping program beasiswa di atas, tersedia juga beasiswa bagi mahasiswa berprestasi berasal dari UMS, Bank Jateng, Yayasan Supersemar, Direktorat Diktis Kemenag RI, Ditjen Dikti PPA, Ditjen Dikti BBM, Yayasan Toyota-Astra dan Beasiswa Unggulan Dikbud.
Menerima Mahasiswa Transfer
Prodi Perbandingan Agama (Ushuluddin) menerima mahasiswa Transfer dari program studi lain, dan perguruan tinggi lain dengan proses konversi nilai dan sks. Juga menerima transfer dari Ma’had Ali (Pesantren Tinggi) dan Ma’had al-Jami’ah (Pesantren Perguruan Tinggi). Khusus lulusan Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq UMS dan jaringan Ma’ahid AMCF di lingkungan Muhammadiyah diterima dengan penghargaan konversi nilai secara khusus.






Tidak ada komentar: